Puluhan Santri Husnul Positif Covid - Kuningan News

Jumat, 25 September 2020

Puluhan Santri Husnul Positif Covid



Kuningan News, Kabar mengejutkan datang dari lingkup Ponpes Husnul Khotimah di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, ternyata ada 46 orang santri terkonfirmasi positif corona.

Mereka awalnya mengalami batuk, flu dan panas. Setelah oleh pihak ponpes dilakukan swab ternyata positif.

“Mulai tanggal 12-24 September 2020, sebagian santri mengalami batuk, flu dan panas. Kami lakukan test swab dengan hasil terkonfirmasi positif, saat ini dalam proses isolasi mandiri,” ujar Ketua Yayasan Kusnul Khotimah Kuningan KH Mu’tamad  LC MPD Al Hafidz, Kamis (24/9/2020) malam.

Mu’tamad yang didampingi Humas Ustad Sanwani SH, menerangkan, kasus ini sudah diketahui oleh bupati dan tadi menyarankan untuk dibawa ke RSUD Linggajati dan RSUD 45.

Ia menerangkan, sebelum kedatangan santri pihaknya melakukan persiapan sesuai persyaratan protokol kesehatan berkaitan dengan pandemi.

Kedatangan santri gelombang ke-1 (tanggal 1-2 Agustus 2020) pihak Husnul mensyaratkan Rapid Test. Hasilnya dari 702 santri yang datang, 700 santri non-reaktif dan 2 santri reaktif.

Dikatakan, Santri tersebut dipulangkan dan dilakukan tes SWAB di rumah masing-masing.

“Pihak ponpes melakukan tes SWAB kepada 150 orang pegawai, hasilnya semua negatif,” tambahnya.

Kemudian, kedatangan gelombang ke-2 (tanggal 29-30 Agustus 2020) dilakukan test PCR di Pondok Pesantren Husnul Khotimah terhadap 1.350 santri yang datang. Hasilnya 7 orang santri dinyatakan positif dan  dilakukan isolasi mandiri.

“Setelah 14 hari dilakukan tes SWAB ulang, Alhamdulillah hasilnya negatif,” ucapnya lagi.

Sementara kedatangan gelombang ke-3 (tanggal 12-13 September 2020) dilakukan test PCR di Pondok Pesantren terhadap 1.200 santri yang datang. Hasilnya 3 orang santri positif, dan dilakukan isolasi mandiri.

“Kami lakukan tes ulang setelah 14 hari karantina dan alhamdulillah hasilnya negatif,” jelasnya.

Terkait kasus baru, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah yang mendisiplinkan protokol kesehatan 3 M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak).

Selain itu juga memisahkan santri yang terindikasi gejala Covid-19 dilakukan karantina dan dengan menambahkan menu makanan/suplemen untuk meningkatkan imunitas.

“Kami juga melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah dan tim satgas covid Kabupaten untuk penanganan Covid-19 di Pondok Pesantren Husnul Khotimah,” sebutnya.

Mu’tamad meminta kepada bapak/ibu wali santri, mohon agar tetap tenang dan memperbanyak doa.

“Semoga ponpes dapat melakukan penanganan yang terbaik dalam pencegahan wabah Covid-19 ini,” ujarnya optimis. (sumber : kuninganmass.com)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda