Belajar Menjadi Lucu di Standupindo Kuningan - Kuningan News

Sabtu, 20 Agustus 2022

Belajar Menjadi Lucu di Standupindo Kuningan

Penampilan Iman Ugoz saat show Kolam Komentar pada tahun lalu. (Instagram: @standupindo_kng)

Kuningan News - Stand-up comedy atau komedi tunggal mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika Kompas TV mengadakan kompetisi bernama SUCI (Stand Up Comedy Indonesia) pada tahun 2011. Kompetisi SUCI masih berlangsung hingga saat ini, sekarang sudah masuk musim ke-11.

Stand-up comedy semakin melejit saat stasiun TV besar, Indosiar, mulai mengadakan kompetisi serupa dengan nama Stand Up Comedy Academy (SUCA) pada tahun 2015.

Berbarengan dengan diadakannya kompetisi stand-up comedy pertama di Indonesia, maka pada tanggal 13 Juli 2011 didirikan juga komunitas Standupindo oleh Ernest Prakasa, Ryan Adriandhy, Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, dan Isman H. Suryaman.

Saat ini, komunitas Standupindo memiliki berbagai cabang-cabang komunitas di hampir seluruh kota di Indonesia. Salah satunya adalah Standupindo Kuningan. 

Standupindo Kuningan adalah komunitas stand-up comedy di Kabupaten Kuningan, sebagai wadah untuk menampung bakat dan belajar kesenian komedi tunggal.

"Komunitas Standupindo Kuningan ini wadah untuk menyalurkan bakat dalam menghibur (dengan stand-up comedy)," jelas Iman Nugraha atau lebih dikenal dengan Iman Ugoz, anggota senior Standupindo Kuningan, kepada reporter Kuningan News saat dihubungi, Sabtu (20/8/2022).

Sama seperti halnya Standupindo pusat, Standupindo Kuningan juga didirikan berbarengan dengan diadakannya lomba stand-up comedy di Kuningan pada tahun 2015.

"Pada pertengahan tahun 2015 ada lomba stand-up di Kuningan, akhirnya (setelah selesai lomba) Hamam memutuskan untuk membuat komunitas stand-up," jelas Iman.

Kegiatan yang dilakukan oleh Standupindo Kuningan adalah comedy buddy, open mic, dan juga show. Comedy buddy adalah kegiatan mendiskusikan atau meminta saran untuk menemukan ide komedi. Setelah ide komedi ditemukan, maka ide komedi tersebut dikembangkan menjadi materi komedi yang akan ditampilkan. Kemudian materi komedi tersebut dilatih pada kegiatan open mic di hadapan penonton langsung, biasa dilakukan di coffee shop. Setelah dilatih dan dikembangkan kembali, baru materi komedi tersebut bisa ditampilkan di show.

Saat ini, seperti yang dapat dilihat di akun Instagram-nya, @standupindo_kng. Standupindo Kuningan sudah melakukan beberapa kali show. Penampilannya bukan hanya datang dari komika lokal saja, namun juga komika nasional yang sudah ternama. (Tri Asep)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda