Ada 10.337 Buku di Perpustakaan Ini - Kuningan News

Selasa, 23 Agustus 2022

Ada 10.337 Buku di Perpustakaan Ini

Setelah pintu masuk gedung Perpustakaan Umum Kuningan, Senin (22/8/2022). (Foto: Tri Asep)

Kuningan News - Di suatu wilayah, di manapun itu, keberadaan perpustakaan sangat diperlukan. Selain untuk pelajar yang mencari referensi buku, berguna juga untuk masyarakat umum dalam memuaskan rasa ingin tahu mereka dengan cara membaca buku, atau sekadar mencari rekreasi dengan membaca novel.

Kota kecil seperti Kuningan juga mempunyai perpustakaan umum. Terletak di Jalan Siliwangi No. 216 C, Purwawinangun, tepat di depan SMPN 1 Kuningan. Lokasi yang cukup strategis.

Reporter Kuningan News mencoba mengunjungi Perpustakaan Umum Kuningan pada Senin (22/8/2022). Ini bukan kali pertama reporter mengunjungi perpustakaan ini, terdapat perbedaan tata letak dengan yang terakhir kali, yaitu penempatan posisi rak-rak buku, meja pelayanan, dan komputer untuk mengisi daftar pengunjung.

Setelah pintu masuk gedung Perpustakaan Umum Kuningan, tedapat rak-rak tempat menyimpan barang di sisi kanan dan kiri. Di bagian ujung lorong masuknya, seolah menyapa pengunjung, terdapat tulisan 'Selamat Datang di Perpustakaan Umum Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan'.

Belok kiri di ujung lorong untuk memasuki ruangan koleksi buku. Di pintu masuk ruangan koleksi buku, terdapat komputer untuk mengisi daftar pengunjung, pengunjung diharuskan mengisi daftar tersebut.

Setelah memasuki ruangan koleksi buku, di bagian kiri terdapat meja pelayanan, tempat untuk melayani pengunjung jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan atau sekadar untuk bertanya kata sandi wifi. Ya, perpustakaan ini juga memfasilitasi pengunjung dengan koneksi wi-fi gratis.

Sebelah kanan adalah rak-rak buku yang berisi berbagai macam koleksi. Berdasarkan informasi yang reporter Kuningan News dapatkan dari Staff Pelaksana Perpustakaan Umum Imam Muhammad Agung Fauzy, terdapat 10.337 buku di perpustakaan ini.

"Bisa dilihat di sini total buku ada 10.337," kata Imam, menunjukkan data jumlah buku kepada reporter.


Koleksinya terdiri dari buku-buku ilmu murni, ilmu terapan, ilmu sosial, ilmu filsafat, bahasa, kesenian, geografi dan sejarah, karya umum, serta kesusastraan.

Selain ruangan koleksi buku, terdapat juga ruangan baca. Di ruangan baca, terdapat beberapa meja baca, baik yang duduk maupun selonjoran, juga terdapat beberapa komputer. Rak-rak buku juga masih ada di sini. Di dalam ruangan ini, juga terdapat ruangan kecil yang berfungsi sebagai musala.


Untuk ukuran kota yang hanya memiliki satu toko buku, fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan Umum ini sudah baik. Memiliki koneksi wifi yang cukup cepat ditambah ruangan yang ber-AC, membuat siapapun yang membaca di sini merasa nyaman. (Tri Asep/bersambung)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda