Kana Kurniawan Terpilih di Muktamar Pemuda 2020 - Kuningan News

Sabtu, 14 November 2020

Kana Kurniawan Terpilih di Muktamar Pemuda 2020



Kuningan News - Perhelatan Muktamar ke-4 Pemuda PUI tahun 2020 menghasilkan regenerasi kepemimpinan, yakni terpilihnya Kana Kurniawan sebagai Ketua Umum PP Pemuda PUI 2020-2023. 

Dini hari (10 November 2020), Kana Kurniawan secara kuat memperoleh 60 suara. Kandidat lainnya, Aminullah yang didukung PD-PD Pemuda PUI Jawa Barat memperoleh 5 suara. 

Kana Kurniawan sebelumnya adalah PJs Ketua Umum Pemuda PUI sejak 10 Januari 2020 setelah Ketua Umum Raizal Arifin terpilih sebagai Sekjen DPP PUI. Kana juga tercatat sebagai Sekjen PP Pemuda PUI periode 2015-2020 mendampingi Raizal Arifin. 

Kana Kurniawan adalah alumni MTs PUI Ciawigebang-Kuningan. Ia meniti karir sebagai aktivis sejak menjadi mahasiswa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon (dulunya STAIN). Ia pernah ikut Orientasi Anggota Baru (OAB) GMNI Cabang Cirebon, aktif di Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) dan kemudian berlabuh di KAMMI Cirebon hingga terpilih sebagai Ketua Umum KAMMI Cirebon 2007-2009. 

Saat merantau ke Jakarta, Kana ikut dalam kepengurusan PP KAMMI 2009-2010. Selanjutnya ikut di kepengurusan PP Pemuda PUI 2010-2015 yang menahkodai Departemen Kajian Strategis.

Kandidat Doktor SPs UIN Jakarta ini merasa penting, Pemuda PUI yang sudah berdiri sejak 21 Desember 1917 ini harus banyak berkontribusi penuh bagi kemajuan umat, bangsa dan negara. 

“Kekuatan kita sebagai bangsa adalah bersatunya pemuda. Tidak ada kata yang mampu menciptakan energi baru dalam perubahan selalu persatuan. Pemuda PUI harus bisa bekerjasama dengan berbagai elemen umat dan bangsa,” tegasnya.

Dikatakan, Pemuda PUI melalui jejaring organisasi kepemudaan Islam, tokoh-tokoh agama dan bangsa harus terus mengawal masa depan bangsa ini. 

"Kita punya saham besar atas berlangsungnya negara yang kita cintai. Tidak mungkin beban tanggung jawab ini diemban sendirian, kita butuh kekuatan persatuan,” tandasnya.

Selain itu, Kana Kurniawan juga berharap jejaring global Pemuda PUI bisa memberikan nuansa baru bagi eksistensi Pemuda PUI di kancah global. 

“Duta-duta atau perwakilan Pemuda PUI di berbagai kampus Eropa dan Asia harus jadi energi gerak elemen muda bangsa. Kita cerahkan dunia dengan ide-ide dan gagasan yang relevan bagi kemajuan dunia. Spektrum ijtihad dalam Islam sangat memungkinkan kita menggali pikiran-pikiran yang relevan atas dunia ini," ajaknya. 

Kana Kurniawan juga mengajak seluruh elemen bangsa dan umat untuk terus kokoh dalam persatuan. 

“Tokoh-tokoh umat Islam harus kompak dan bersinergi. Tidak jalan sendiri apalagi saling bertolak belakang. Sejak sebelum Indonesia merdeka, umat Islam ini kompak mengusir penjajah. Tidak ada perpecahan yang disebabkan khilafiyah fikih,” seru Kana. (derium)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda