Babatan Tahun Ini Taraju Menyelenggarakan Wayang Golek - Kuningan News

Rabu, 24 Agustus 2022

Babatan Tahun Ini Taraju Menyelenggarakan Wayang Golek

Desa Taraju akan menyelenggarakan pertunjukkan wayang golek pada Rabu (24/8/2022) malam. (Foto: Tri Asep)

Kuningan News - Dalam rangka merayakan babatan, Desa Taraju Kecamatan Sindangagung akan menyelenggarakan pertunjukkan wayang golek pada Rabu (24/8/2022) pukul 21.00 nanti, di depan balai desa.

Babatan sendiri merupakan bentuk perayaan untuk mensyukuri hasil panen, sebuah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu oleh warga Desa Taraju.

"Jadi, babatan itu tradisi untuk mensyukuri hasil bumi," kata Sakum, Wakil Ketua Pelaksana Babarit, kepada reporter Kuningan News, Rabu (24/8/2022).

Sebelum penyelenggaraan wayang golek, perayaan babatan juga dilakukan dengan cara doa bersama pada kemarin malam (23/8/2022).

"Kemarin malam kita juga ngadain doa bersama, itu udah mulai acara inti (babatan)-nya," jelas Sakum.

Kegiatan babatan ini bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun dan peresmian renovasi masjid Al-Istiqomah Desa Taraju. Karena itulah, perayaan babatan pada tahun ini begitu meriah.

"Jadi ini ada tiga perayaan. Babatan, renovasi masjid, dan milangkala," jelas Waslani, Kepala Desa Taraju, Rabu (24/8/2022).

Anggaran yang digunakan untuk perayaan babatan ini berasal dari dana swadaya masyarakat. Terutama donasi dari para pengusaha bawang goreng yang ada di Desa Taraju.

"Dananya dari swadaya masyarakat. Pengusaha goreng bawang juga ngirim donasi. Dari masyarakat untuk masyarakat," ungkap Waslani.

Dari pantauan reporter Kuningan News, acara ini ramai dikunjungi warga sekitar. Sejak sore, warga sudah berkumpul, banyak juga yang pedagang yang berjualan di sisi jalan menuju balai desa.

"Bagus (acara ini), meramaikan. Kita juga disuruh makan-makan. Memang dari masyarakat untuk masyarakat," ungkap Nani, warga Desa Taraju, Rabu (24/8/2022). (Tri Asep)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda